Saturday, February 2, 2013

PEMUDA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN. PEMIMPIN ISLAM YES GOLPUT NO


____________________________________    Daftar Isi
Daftar isi                                                                                                                                                                                                                  Ringkasan Kegiatan                                                                                                                                                                                                Dasar Pemikiran                                                                                                                     
Nama Kegiatan                                                                                                                      
Tema Kegatan                                                                                                                        
Waktu dan Tempat                                                                                                                
Materi dan Pemateri                                                                                                               
Tujuan                                                                                                                                    
Sasaran dan Target Kegiatan                                                                                                 
Penanggung Jawab                                                                                                                
Peserta                                                                                                                                   
Penutup                                                                                                                                  










                                                                                                      


____________________________Ringkasan Kegiatan

Nama Kegiatan
Dialog Public “Pemimpin Sumut Yes, Golput No” sebagai respon terhadap partisipasi warga Negara untuk memilih pemimpin sumut periode 2013-2018 agar janga golput atau apatis karena agama Islam mewajibkan untuk memilih pemimpin yang terbaik sesuai syariat Islam.
Tanggal Pelaksanaan
Sabtu, 16 Februari 2013
Tempat Pelaksanaan
HOTEL MADANI MEDAN
Sasaran
Masyarakat Muslim Sumatra Utara.
Tujuan 
1.      Menggerakkan seluruh media untuk mensosialisasikan gerakan anti Golput
2.      Mencari solusi cerdas terhadap permasalahan yang timbul agar masyarakat muslim tidak apatis dengan Pilgub Sumut.
3.      Memberikan pencerahan terhadap intelektual muda agar terus mewajibkan memilih pemimpin.
Pelaksana Kegiatan
PIMPINAN DAERAH PEMUDA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN
Informasi
081362232237    Maulana Maliq Muttaqin         (Ketua Umum)
08116028141      Edi Syahputra                            (Sek. Umum)
085276929879    Datuk Imam Marzuki                (Ketua Panitia)








_____________________
_    Dasar Pemikiran

S
imalakama politik sedang disajikan di hadapan ummat, sosok yang terlalu banyak memiliki nilai plus minus lengkap dengan berbagai trackrecordnya. Lebih jauh, juga ditunjukkan dengan ketidakpercayaan umat untuk tidak memilih mereka dalam proses pemilu, yang ditunjukkan dengan tingginya angka golput di hampir seluruh Pilkada. Pada tanggal 7 maret 2012 akan digelar sebuah pesta akbar demokrasi, yakni pemilihan kepala daerah (pilkada) di Propinsi Sumatra Utara Masyarakat Sumut wajib melakukan partisipasinya sebagai warga Negara, begitu juga dalam syariat Islam kita berhak untuk memilih pemimpin untuk kebaikan bersama, pemimpin kita selama lima tahun mendatang dan kitalah yang harus memilih satu diantara kandidat muslim yang ada.
Pada sisi lain, Allah SWT telah berjanji kepada kita:
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُم فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّن بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْناً يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئاً وَمَن كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُوْلَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ ﴿٥٥﴾
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (TQS. An-Nur [24]: 55).
.
Dalam Hadis Rasulullah Saw bersabda:
عَنْ أَبِي نَجِيْحٍ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَاريةَ رَضي الله عنه قَالَ : وَعَظَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلىَّ الله عليه وسلم مَوْعِظَةً وَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوْبُ، وَذَرِفَتْ مِنْهَا الْعُيُوْنُ، فَقُلْنَا : يَا رَسُوْلَ اللهِ، كَأَنَّهَا مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ، فَأَوْصِنَا، قَالَ : أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ تَأَمَّرَ عَلَيْكُمْ   عَبْدٌ، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ فَسَيَرَى اخْتِلاَفاً كًثِيْراً. فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ   وَمُحْدَثَاتِ اْلأُمُوْرِ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَة.  [رَوَاه داود والترمذي وقال : حديث حسن صحيح]
Dari Abu Najih Al Irbadh bin Sariah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam memberikan kami nasehat yang membuat hati kami bergetar dan air mata kami bercucuran. Maka kami berkata : Ya Rasulullah, seakan-akan ini merupakan nasehat perpisahan, maka berilah kami wasiat. Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda : “ Saya wasiatkan kalian untuk bertakwa kepada Allah ta’ala, tunduk dan patuh kepada pemimpin kalian meskipun yang memimpin kalian adalah seorang budak. Karena diantara kalian yang hidup (setelah ini) akan menyaksikan banyaknya perselisihan. Hendaklah kalian berpegang teguh terhadap ajaranku dan ajaran Khulafaurrasyidin yang mendapatkan petunjuk, gigitlah genggamlah dengan kuat) dengan geraham. Hendaklah kalian menghindari perkara yang diada-adakan, karena semua perkara bid’ah adalah sesat “ (Riwayat Abu Daud dan Turmuzi, dia berkata : hasan shahih
Pemuda Muhammadiyah adalah entitas intelektual muda yang energik  dituntut untuk berfikir panjang, banyak beramal, bijak dalam menentukan sikap, maju untuk menjadi penyelamat dan hendaknya mampu menunaikan hak-hak umat dengan baik Pemuda Islam adalah aset terbesar dari kaum muslimin, sehingga akan menentukan masa depan perjalanan bangsa. Di dalam Alquran Allah Swt berfirman:
ß`øtªU Èà)tR y7øn=tã Nèdr't7tR Èd,ysø9$$Î/ 4 öNåk¨XÎ) îpu÷FÏù (#qãZtB#uä óOÎgÎn/tÎ/ óOßg»tR÷ŠÎur Wèd ÇÊÌÈ

Artinya: Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk.

Pemuda adalah pelopor perubahan, teladan perjuangan, dan aset masa depan bangsa Indonesia. Salah satu lembaga pemuda yang berupaya melakukan perubahan pada masyarakat Indonesia Muhammadiyah yang bergerak dilevel kepemudaan dan memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam bidang dakwah dan social, Untuk itu, cendiawakan sejatinya harus mampu berpartisipasi secara aktif dalam upaya menghempas (Golput) yang cukup tinggi  di Sumatra Utara ini sampai 41% respon pada Pilgub tahun 2008 yang lalu. Inilah landasan mengapa harus ada kegiatan yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi ikut dalam pemilihan gubernur. “Golput” bukan bagian dari demokrasi dan tidak mencirikan manusia muslim yang kaffah. Karena seorang Muslim wajib untuk memilih pemimpin  agar syiar Islam di bumi Allah ini tetap tegak. insyallah

             ________________________Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama:
Dialog Public “Pemimpin Sumut Yes, Golput No” sebagai respon terhadap partisipasi warga Negara untuk memilih pemimpin sumut periode 2013-2018 agar janga golput atau apatis karena agama Islam mewajibkan untuk memilih pemimpin yang terbaik sesuai syariat Islam.
  _________________________________Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah:
Dialog Public “Pemimpin Sumut Yes, Golput No”
 
_______________________________Waktu Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Februari 2013 di Hotel Madani

                         _______________di Materi dan Pemateri

1.      Komisi Pemilihan Umum
(Ketua KPU Sumut)
2.      Golput Perspektif Hadis
(Dr. Sulidar, MA)
3.      Golput menurut MUI Sumut
(Prof. Dr. H. Hasan Bakti Nasution, MA)
     
_______________________________________Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah:
  1. Menggerakkan seluruh media untuk mensosialisasikan gerakan anti Golput
  2. Mencari solusi cerdas terhadap permasalahan yang timbul agar masyarakat muslim tidak apatis dengan Pilgub Sumut.
  3. Memberikan pencerahan terhadap intelektual muda agar terus mewajibkan memilih calon.

.
 ______________________Sasaran dan Skema Kegiatan

Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh Masyarakat Muslim Sumatra Utara
Skema Kegiatan dilaksanakan dialog, sosialisasi, gerakan sticker wajib memilih, gerakan SMS bagi warga persyarikatan Muhammadiyah se-Sumatra Utara untuk disebarkan kepada tetangga dan warga sekitar.
______________________________Penanggung Jawab

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Medan
       ________________________________Peserta
Adapun peserta dalam kegiatan ini meliputi :
1.      Pemerintah
2.      Organisasi Kepemudaan  
3.      Mahasiswa / Mahasiswi
4.      Politikus
5.      MUI
6.      Organisasi kemasyarakatan
7.      Tokoh Masyarakat
8.      Pelajar
9.      Guru-Guru
                                                                             Taksasi Dana

Lampiran 1      
BIAYA KEGIATAN

No
JENIS KEBUTUHAN
SATUAN
VOL
HARGA (Rp)
JUMLAH (Rp)
1
Undangan Peserta Seminar
Paket
300
5.000
1.500.000
2
Foto Copy Selama Kegiatan, Makalah dll
Paket
1
1.000.000
1.000.000
3
Pemateri
Orang
3
1.000.000
3.000.000
4
Gedung tempat acara
Ruangan
1
5.000.000
5.000.000
5
Konsumsi
Orang
350
15.000
5.250.000
6
Media Massa
Paket
9
150.000
1.350.000
8
Tas Seminar Kid/sticker
Paket
200
40.000
8.000.000

Gerakan SMS warga Muhammdiyah
Paket
100.000
100
1.000.000

Gerakan 10.000 Sticker Kader Muda
Paket
10.000
1.000
10.000.000

Transport Peserta
Paket
300
50.000
15.000.000
9
Sertifikat
Paket
350
10.000
  3.500.000

T O T A L
54.600.000

            Total Dana 54.600.000,- Terbilang: Lima Puluh Empat Juta Enam Ratus Ribu                                       
_______________________________________Penutup
Demikianlah proposal kegiatan ini. Kami berharap seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses dari berbagai pihak yang terkait. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. 

HORMAT KAMI
PANITIA PELAKSANA
DIALOG  & SOSIALISASI PILGUB  ANTISIPASI GOLPUT





                                    Datuk Imam Marzuki.                                    Budi Wira Wijaya
                                                Ketua                                                         Sekretaris                                              
                                                                  
 Lampiran 2
SUSUNAN PANITIA
                                               
Ketua                                       : Datuk Imam Marzuki
Sekretaris                                 : Budi Wira
Bendahara                                : Zaki Mubarok

Bidang                                                :
Acara                                       : Ibrahim ST
Koordinator                             : Amnur Rifai
Anggota                                   : Sohibul Azmi Siregar,SH
                                                 

Humas                                      :
Koordinator                             : Taufi Abdillah
Anggota                                   : Fikri Pohan
                                               

Konsumsi                                :
Koordinator                             : Budi Aswadi
Anggota                                   : Habibi
                                                 :

Publikasi                                  :
Koordinator                            : Ibrahim Lubis
Anggota                                  : Sundus
                                                :













No comments:

Post a Comment